Profile Pemain Sepak Bola Yang Beragama Islam

Dunia sepak bola ternyata ada keragaman tersendiri dan mempunyai cerita tersendiri, salah satunya adalah dalam keragaman agama yang cukup menarik untuk dibahas. Disini agay akan beebagi informasi yang mudahmudahan menjadi motivasi tersendiri bagi pembaca, yaitu akan memperkenalkan pemain-pemain sepakbola dunia yang beragama islam. Jumlah minoritas kalangan muslim di eropa memang patut di tilik lebih dalam, mereka bermain dalam sebuah laga yang populer didunia malah direkrut oleh tim-tim terkenal squad yang kuat dan banyak diidolakan oleh para penggemar sepakbola karena kecerdikannya dalam memainkan si bola bundar. Berikut adalah profile para pesepakbola muslim dunia :

1. SAMIR NASRI

TTL : Marseille, Prancis (26 Juni 1987)
Tinggi badan : 1.78 m
Karier Klub : Marseille, Arsenal dan Mancester City (sekarang)
Timnas : Prancis

The Fact :
Samir nasri selalu membaca kitab suci Al-Qur'an sebelum membela tim yang diperkuatnya maupun timnas Prancis bertanding.

2. MESUT OZIL

TTL : Gelsenkirchen, Jerman (15 Oktober 1988)
Tinggi Badan : 1.81 m
Karir Klub Senior : Schalke 04, Werder Bremen, Real Madrid dan Arsenal (sekarang)
Timnas : Jerman

The Fact :
Pemain berdarah turki ini memiliki hobi yang luar biasa, yaitu membaca Al-Qur'an. Sebelum ia bertanding memperkuat klub yang dibelanya maupun Der Vanser Jerman ia selalu menyempartkan diri membaca satu atau dua ayat al-qur'an dahulu. Malah sesibuk apapun dia, pasti menyempatkan untuk berdo'a dan membaca al-qur'an. Keterangan tersebut diperkuat dengan pernyataan teman-temannya sebut saja Cristian Ronaldo.

3. KOLO TOURE (Kolo Habieb Toure)

TTL : Bouake, Pantaigading-19 Maret 1981
Tinggi : 1.83 m
Posisi : Bek
Karir Klub : ASEC Mimosas, Arsenal, Man City dan Liverpool (Saat ini)
Timnas : Pantaigading

The Fact :
Siapa sangka, dibalik kehidupan yang sibuk dengan pekerjaan sebagai pesepakbola nya dia ternyata adalah seorang guru ngaji, tidak jarang setelah beres latihan dia selalu pergi mengajar. Dia adalah seorang muslim yang sholeh dan taat, namun dia juga manusia biasa yang tidak bisa bertahan dalam kondisi tidak fit sehingga setiap ada pertandingan pada bulan ramadhan dia memilih untuk membatalkannya. Namun dia akan menggantinya (Qodho) dibulan yang lain, karena itu adalah konsekuensi seorang muslim katanya. Dan dia juga adalah kakak dari pemain bola Yaya Toure.

4. YAYA TOURE (Gnegnery Yaya Toure)

TTL : Bouake Pantaigading - 13 Mei 1983
Tinggi : 1.89 m
Posisi : Gelandang
Karir Klub : Beveren, Metalurh Donetsc, Olympiacos, Monaco, Barcelona dan Man City (sekarang)
Timnas : Pantaigading

The Fact :
Ia adalah adik kandung Kolo Toure, yang pernah satu tim di Man City pada 2010 lalu. Sebagai muslim yang baik ada sebuah peristiwa kala itu saat perayaan karena keberhasilan Yaya Toure mencetak dua gol ke kandang Newcastle, dia menolak botol besar champagne yang diberikan kawan-kawannya dia tegaskan bahwa dia tidak minum alkohol karena dia muslim. Terus ketika di Barcelona dia merupakan seorang imam dari 2 teman muslim lainnya yaitu Seydou Keita dan Eric Abidal. Yaya ditunjuk imam karena mereka sadar Yaya lebih menguasai akan kepemimpinan dan keislaman.

5. ERICK ABIDAL (Eric Sylvain Abidal/Eric Billal Abidal)

TTL : Lyon Prancis - 11 September 1979
Tinggi : 1.86 m
Posisi : Bek
Karir Klub : Monaco B, Monaco, Lille, Lyon dan Barcelona (sekarang)
Timnas : Perancis

The Fact :
Sebuah tas kecil selalu menemani pada setiap sesi latihan bersama tim raksasa spanyol Barcelona, yang siapa sangka di dalam tas kecil tersebut adalah sebuah kitab suci umat islam. Dia benar-benar berusaha menjadikan dirinya seorang muslim yang taat pasca menjadi mualaf. Dan dia selalu membacakan seayat dua ayat sebelum bertanding.

6. SAMI KHEDIRA


TTL : Stuttgart Jerman Barat - 4 April 1987
Tinggi : 1.89 m
Posisi : Gelandang
Karir Klub : VfB Stuttgart, Real Madrid (Sekarang)
Timnas : Jerman

The Fact :
Dia adalah seorang pemain bola berdarah Tunisia yang membela timnas Jerman, dia terlahir dari darah islam yang membuat kepribadian yang sopan dan santun.

7. NURI SAHIN (Nuri Kazim Sahin)

TTL : Ludenscheid, Jerman Barat - 5 Sept 1988
Tinggi : 1.79 m
Posisi : Gelandang
Karir Klub : Borussia Dortmund, Feyenoord (Pinjaman), Real Madrid, Liverpool (pinjaman), dan Bourussia Dortmund (Pinjaman-sekarang)
Timnas : Turki

The Fact :
Dia adalah seorang pesepakbola berkewarganegaraan Turki dan dia juga mempunyai kewarganegaraan Jerman namun dia tidak bisa masuk timnas Jerman karena sebelumnya pernah membela timna Turki. Dia dilahirkan dari keluarga muslim yang taat, meski bulan ramadhan tetap dia menjalankan puasa karena sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu.

8. IBRAHIM AFELLAY

TTL : Utrecht, Belanda - 2 april 1986
Tinggi : 1.80 m
Posisi : gelandang serang-sayap
Karir Klub : PSV, Barcelona dan Schalke (Pinjaman-sekarang)
Timnas : Belanda

The Fact :
Pemain berwajah belanda ini pernah memperkuat Barcelona dan sekarang sedang dipinjam Schalke. Dia pernah menerima penghargaan pemain terbaik liga Belanda pada tahun 2007-2008 lalu. Dia juga dinobatkan sebagai "Mooslim van het jaar" atau Muslim teladan di belanda.

9. FRANCK RIBERY

TTL : Boulogne Sur Mer - Prancis - 7 April 1983
Tinggi : 1.70 m
Posisi : Sayap
Karir Klub : Boulogne, Ales, Stade Brestois, Metz, Galatasaray, Marseille dan Bayern Munich (sekarang)
Timnas : Prancis

The Fact :
“Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepak bola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan dan saya menemukan Islam,” ungkap Pemain Bayern Munchen ini saat ditanya perihal agama yang dianutnya. Franck Riberry menjadi mualaf setelah menikahi seorang gadis Prancis keturunan Maroko. Ia pun menambahkan nama ‘Bilal’ di tengah namanya. Menjadi Muslim, Ribery menerapkan ajaran Muhammad SAW itu dalam kehidupan sehari-harinya. “Saya ini orang yang sederhana dan simpel saja,” selorohnya.

10. NICOLAS ANELKA (Nicolas Sebastien Anelka)

TTL : Versailles, Prancis - 14 Maret 1979
Tinggi : 1.85 m
Posisi : Penyerang
Karir Klub : PSG, Arsenal, Real Madrid, PSG, Liverpool (Pinjaman), Man City, Fenerbahce, Bolton Wanderers, Chelsea, Shanghai Shenhua, Juventus (pinjaman), dan West Bromwich Albion (sekarang)
Timnas : Prancis

The Fact :
Siapa sangka seorang Nicolas anelka yang sangat berpengalaman dengan yang namanya bola itu adalah seorang muslim yang sangat taat dan patuh, ketika dia memperkuat squad chelsea ketika itu pada pimpinan Andres Villas Boas, seluruh pemain chelsea yang sedang berpuasa diharuskan berada di meja makan. Anelka dan kawan kawan muslim lain hanya melihat mereka yang sedang makan. Namun dia tidak bisa digoyah, dia tetap pada keteguhan hatinya "Walau iri, saya harus tetap berpuasa" Tegasnya.

11. KARIM BENZEMA (Karim Mostofa Benzema)

TTL : Lyon Prancis - 19 Des 1987
Tinggi : 1.84
Posisi : Penyerang
Karir Klub : Lyon dan Real Madrid (Sekarang)
Timnas : Prancis

The Fact :
Dia adalah pemain sepak bola berdarah Aljazair layak seniornya Zinedane Zidane. Dia adalah muslim yang taat yang sekarang sedang membela tim raksasa spanyol Real Madrid dan negaranya sendiri yaitu Prancis.

12.

0 komentar: