Ikon Kota Di Indonesia Yang Terkenal

Jika Paris punya menara eifel, Kualalumpur punya Petronas, Liberty di New York city maka kota-kota di Indonesia sendiri mempunyai ikon atau landmark masing-masing, yang biasanya menjadi salahsatu obyek wisata dan akan sangat kurang pas jika tidak mengunjungi landmark tersebut.Dan landmark itu sendiri menjadi sebuah tanda pengenal, berkat landmark itu juga sebuah kota atau daerah bisa dikenal dan diingat. Dan inilah ikon/landmark kota-kota di Indonesia yang terkenal.

1. MONAS - Jakarta


Monas atau Monumen Nasional adalah ikon nya kota Jakarta yang terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka Jakarta Pusat. Mulai dibangun tgl 17 Agustus 1961 pada masa Pemerintahan Ir Soekarno. Dan dibuka untuk umum pada tahun 1975. Terdiri atas Monumen dan Musieum.
Monas sendiri mempunyai tinggi 132 m dengan mahkota jilatan api yang terbuat dari emas. Jika anda masuk kedalam anda akan melihat diorama sejarah Indonesia. Monas kini sering dikunjungi warga lokal khususnya Jakarta malah dari peloksok negri pada hari libur. Pada minggu pagi, banyak pula orang yang jogging/lari pagi merasakan segarnya udara pagi.

2. GEDUNG SATE - Bandung


Landmarknya orang sunda, Landmarknya kota bandung yang tak lain adalah Gedung Sate, mengapa Sate? karena di atas nya terdapat sebuah ornamen yang menyerupai sate.
Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran pemerintahan Jawa Barat, tidak hanya itu para pengunjung dari luar kota tidak akan merasa puas jika belum menginjakan kaki di tempat ini. Sebuah Gedung kebanggan orang sunda.

3. JAM GADANG - Bukittinggi SUMBAR


Landmarknya Bukittinggi atau kadang disebut landmarknya Sumbar, yang terletak di kota bukittinggi ini berupa Jam yang sering di sebut Jam Gadang. Anda bisa masuk kedalam bangunan ini dan melihat-lihat dalaman jam. Setelah keluar dari dalam jam anda bisa menikmati semua yang ada di Kota Bukittinggi ini.

4. JEMBATAN AMPERA - Palembang SUMSEL


Sumatra gak hanya punya Jam Gadangnya Bukittinggi tapi ada Jembatan yang sangat bersejarah yang dikenal dengan nama Ampera di Palembang kota mpek-mpek. Dibangun sekitar tahun 1962-1965 lalu dan sampai kini jembatan ini semakin kokoh dan semakin terkenal disamping sungai Musi yang dikenal banyak orang juga. Keindahan akan semakin nyata jika anda pergi ke jembatan ini pada malam hari, karena lampu-lampu jembatan akan bersinar menerangi dan memberi keindahan tersendiri.

5. TUGU KHATULISTIWA - Pontianak KALBAR


Dari Sumatera kini beralih ke Kalimantan, dimana di kota pontianak ada sebuah tugu yang terkenal bernama Tugu Khatulistiwa. Tugu ini berfungsi sebagai penanda lewatnya garis katulistiwa di indonesia. Karena dilewati garis khatulistiwa, para pengunjung yang berkunjung pada tanggal tertentu bisa merasakan kulminasi matahari, dimana para pengunjung tidak akan melihat bayangan diri anda. Tanggal tertentu tersebut adalah 21-23 Maret dan 21-23 September.

6. TUGU JOGA - Yogyakarta


Inilah ikon kota Yogyakarta yang dikenal dengan kota pelajar itu. Jalan jalan ke jogja memang banyak yang harus dikunjungi, selain dari jalan Malioboro yang amat terkenal itu tugu ini menjadi salahsatu yang wajib dan mesti dikunjungi jika mampir di DIY Yogya ini.

7. PATUNG SURABAYA - Surabaya


Jika anda melihat patung diatas maka otak anda pasti sudah berada di Surabaya sana, inilah patung kebanggaan masyarakan Surabaya, seekor hiu (Suro) dan seekor buaya (Boyo) saling melilit, dan konon patung hiu tersebut melambangkan pasukan majapahit dan buaya tersebut melambangkan pasukan mongol. Dan karena legenda antara Suro dan Boyo itulah muncul nama SUROBOYO (Surabaya).

8. MESJID BAITURROHMAN - Banda Aceh


Inilah salah satu mesjid terindah di indonesia, terletak di banda Aceh malah orang luar negri mencantumkan kedalam deretan mesjid-mesjid terindah di dunia. Sebuah design campuran antara moghul dan india makannya kubah mesjid ini sering di serupakan dengan Tajmahal di India. Mesjid ini juga adalah mesjid yang penuh karomah, jika memory di ingat tentang kejadian pilu akhir tahun 2004 dimana tsunami melanda aceh, mesjid ini tetap berdiri kokoh tegak tidak dihancurkan keganasan tsunami saat itu.

9. LAWANG SEWU - Semarang


Ketika mendengar kata Lawang Sewu kebanyakan orang berfikir ke hal mistis dan menyeramkan (memangnya landmark dusun pocong?), padahal ini adalah landmarknya Kota Semarang. Memang tidak bisa dibantah jika fikiran mistis bisa tertangkap langsung pada kata ini, karena banyak cerita yang terdengar tentang hal tersebut, malah sampai dicantumkan kedalam tempat terangker segala oleh beberapa orang. Namun perlu disadari inilah yang membuat semarang terkenal, inilah yang membawa indonesia dipenuhi kekayaan.

Sekian beberapa Landmark kota-kota yang terkenal, masih ada banyak Landmark lainnya yang belum disebutkan. Tapi itu adalah kesempatan agay kepada para komentator untuk menyebutkan landmark apa yang belum dituliskan disini. dan  Apa Landmarkmu?
Agay dari Bandung!

0 komentar: